Cara Jitu Memesan Catering Murah dan Enak untuk Resepsi Supaya Tidak Boros

Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, banyak faktor yang wajib diperhatikan saat mempersiapkan resepsi pernikahan. Selain gaun pengantin Anda, jangan lupakan urusan perut para tamu! Sebab, menjamu tamu yang hadir untuk ikut merayakan hari bahagia Anda adalah sopan santun yang wajib dipenuhi. Nah, mengingat pentingnya memuaskan para tamu sepanjang gelaran resepsi nanti, tentu Anda perlu memilih vendor katering yang berkualitas seperti CateringSedap, Catering & Wedding Service.

Tapi, bagaimana dengan Anda yang ingin menghemat biaya pernikahan? Apakah catering murah dan enak itu mungkin untuk ditemukan? Kalau hal ini jadi sumber kekhawatiran utama Anda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa menghemat biaya katering tanpa harus menurunkan standar kualitas atau rasanya. Penasaran? Selamat membaca!

Tentu Saja, Sesuaikan Porsinya dengan Jumlah Tamu yang Diundang!

paket pernikahan murahSebelum Anda mulai berburu vendor catering murah dan enak, hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah berapa jumlah porsi yang akan Anda pesan. Dalam urusan ini, pastinya jumlah tamu undangan adalah patokannya. Tapi, jangan sampai Anda memesan makanan dalam jumlah porsi yang sama persis dengan jumlah tamu undangan, ya! Sebab, di Indonesia biasanya 1 undangan berlaku untuk minimal 2 orang, karena tamu undangan yang namanya tertera minimal akan mengajak pasangannya. Karena itu, untuk mengira-ngira jumlah porsi yang akan dipesan dan jumlah tamu yang akan benar-benar datang, Anda bisa kalikan 2 saja jumlah undangan yang disebar. Sebab, Anda tentu tahu kalau semakin banyak porsi yang dipesan artinya biaya yang semakin besar!

Pilih Menu Gubug untuk Solusi Ekonomis

Berbeda dengan nasi kotak atau bahkan acara makan-makan seperti biasanya, para tamu cenderung akan mengabaikan nasi dan memilih menu lauk. Apalagi jika jenis lauk yang dihidangkan adalah lauk yang jarang dinikmati sehari-hari. Nah, di sini Anda bisa manfaatkan menu gubug yang banyak ditawarkan oleh catering murah dan enak manapun. Dan untuk menghemat biaya resepsi, Anda tidak perlu memesan paket gubug yang paling variatif. Memesan paket gubug yang menyediakan 3 ragam lauk saja sebenarnya sudah cukup, lho. Asalkan jumlah porsinya yang ditambah.

Lantas, bagaimana dengan minuman dan buah? Anda tidak perlu khawatir, kok. Sebab, paket gubug biasanya sudah dihitung sekaligus dengan sajian buah serta minuman, bahkan es krim untuk makanan penutup. Jadi, memesan 3 menu gubug bukan berarti hanya akan ada 3 jenis makanan saja yang dihidangkan selama resepsi.

Pangkas Jumlah Porsi Nasi

Karena para tamu akan lebih tertarik untuk menyantap lauk, maka Anda tidak perlu meminta vendor katering untuk menyediakan terlalu banyak nasi. Justru mintalah pihak katering untuk menyiapkan nasi dalam jumlah yang secukupnya untuk berbagai menu seperti soto. Dan jika Anda juga berencana menyiapkan prasmanan nasi, Anda tidak perlu memesan nasi dalam jumlah yang terlalu banyak karena toh para tamu juga akan lebih memilih memperbanyak jumlah lauknya.

Atau, Pertimbangkan Menu Piring Terbang yang Komplit ala Solo

Bagi Anda yang minimal sudah pernah menghadiri resepsi pernikahan di Solo maupun sekitarnya, atau bahkan berasal dari daerah tersebut, pasti sajian piring terbang sudah tidak asing lagi di telinga. Maksudnya piring terbang adalah tamu tidak perlu mengantri makanan seperti dalam sajian prasmanan. Sebab, para pelayan akan langsung mengantarkan makanannya! Mulai dari hidangan pembuka, makanan utama, sampai hidangan penutup, tamu hanya perlu duduk manis menanti semua sajian tersebut sampai di tangan mereka. Dengan demikian, Anda pun bisa dengan lebih mudah mengontrol jumlah porsi yang dihidangkan agar tidak ada tamu yang kelewatan kesempatan untuk menjajal makanan tertentu.

Oh iya, untuk sajian piring terbang, ada urutannya sendiri, yang diberi nama dengan singkatan USDEK. Kepanjangannya:

Unjukan (minuman, biasanya teh dan air putih, disajikan bersama dengan camilan khas Solo),

Sup (sup yang disajikan biasanya sup ayam galantine atau sup matahari),

Dhahar (artinya makan, maksudnya adalah menu utama berupa nasi dengan berbagai jenis lauk),

Es, dan

Kondur (artinya pulang, maksudnya setelah semuanya disajikan, tamu sudah dipersilahkan untuk pulang).

Satu lagi hal yang membedakan menu piring terbang dengan prasmanan adalah berkaitan dengan kapan makanan bisa disajikan. Semua menu di dalam sajian piring terbang, kecuali minum, sudah bisa dibagikan kepada para tamu ketika sudah memasuki pertengahan acara. Jadi, para tamu bisa menikmati sisa acara resepsi sambil menyantap makanan yang diantarkan langsung oleh para pelayan.